Berita

    Featured Image

    Tips Mengganti Wiper Mobil dengan Mudah

    Faktanya, mengganti wiper mobil bukanlah hal yang sulit. Anda bisa melakukannya sendiri tanpa perlu membawa mobil ke bengkel. Anda hanya perlu membeli wiper baru dan mengetahui cara melepas serta memasangnya.

    Lalu, bagaimana langkah mengganti wiper yang benar dan mudah? Yuk, simak ulasan berikut ini!

    Cara Ganti Wiper Mobil yang Benar dan Mudah

    Wiper menjadi salah satu komponen yang memerlukan perhatian, terutama pada saat musim hujan. Karena itu, penting untuk merawatnya supaya awet dan tetap berfungsi dengan baik.

    Umumnya, Anda harus melakukan pengecekan dan penggantian wiper setiap setahun atau setiap enam bulan sekali. Masalah yang paling sering ditemui biasanya adalah karet wiper yang sudah mengeras dan getas, sehingga kinerjanya menjadi tidak maksimal.

    Jika Anda memaksa wiper yang sudah terlihat rusak untuk terus digunakan, hal tersebut dapat menyebabkan kaca mobil tergores atau baret. Karena itu, Anda penting untuk mengganti wiper yang sudah mulai rusak atau tidak bagus untuk digunakan.

    Berikut ini adalah langkah-langkah mengganti wiper pada mobil dengan benar dan mudah:

    • Melepas Wiper Lama

    Sama seperti ketika mencuci mobil, untuk melepas wiper, Anda perlu mengangkat wiper ke atas terlebih dulu. Kemudian, tekan klip atau pengunci karet yang terdapat pada bagian tengah wiper. Dorong ke bawah sampai wiper terlepas.

    Namun, wiper mobil memiliki dua model yang cara melepasnya sedikit berbeda, yaitu:

    • Model Frame

    Untuk melepas wiper model frame, Anda perlu mengarahkannya ke atas, kemudian tekan flip penjepit yang terdapat pada frame. Dorong frame ke bawah hingga terlepas.

    • Mode Frameless (Tanpa Frame)

    Untuk melepas wiper frameless, Anda perlu membuka kunci pengait terlebih dulu kemudian dorong ke bawah untuk melepas wiper.

    Saat melepas wiper, perhatikan posisi wiper agar tidak jatuh menimpa kaca. Anda bisa menggunakan handuk atau lap tebal pada ujung tangkai wiper untuk mengantisipasi hal tersebut.

    • Mengecek Bilah Wiper yang Akan Diganti

    Untuk mengganti wiper, jangan hanya sekadar melepas dan mengganti dengan yang baru. Anda harus mengecek bilah wiper bagian mana yang harus diganti.