Berita

    Featured Image

    Simak Tips Menderek Mobil Yang Aman

    Ketika memiliki mobil, ada banyak hal yang harus dipelajari. Seperti saat mobil mogok di jalanan. Maka yang bisa dilakukan adalah menderek mobil. 

    Namun hal ini tidak bisa dilakukan dengan asal. Sebab, ada langkah-langkah yang harus diperhatikan sebelum menderek kendaraan. Apa saja ya? Simak yuk!

    Langkah-langkah Menderek Mobil

    Ada beberapa langkah yang perlu Anda perhatikan saat akan menderek kendaraan. Ikuti ya!

            1. Mempersiapkan Tali 

    Persiapkan tali untuk menderek kendaraan Anda. Sebaiknya gunakan tali tambang atau tali baja karena lebih kuat.

    Idealnya, tali untuk derek kendaraan panjangnya setengah dari ukuran dua mobil. Atau beberapa mobil yang sering ditemui, membutuhkan panjang tali sekitar 4 meter. 

    Usahakan tidak kurang atau lebih dari itu. Sebab jika kurang, maka ada kemungkinan terjadinya benturan dengan mobil depannya.

    Setelah itu, simpan tali derek di dalam bagasi mobil. Supaya saat sewaktu-waktu dibutuhkan, Anda tinggal mengambilnya.

            2. Pasang Tali 

    Pasang tali tersebut ke pengait yang sudah disediakan pada mobil. Apabila di mobil Anda tidak ada pengait, maka pasangkan ke bagian yang dianggap aman. 

    Sebagai tips, jangan memasang tali derek di bumper atau suspensi mobil. Sebab, dua komponen itu tidak kuat digunakan sebagai tumpuan untuk menderek. Sebaiknya pelajari buku panduan mobil untuk mengetahui tempat pengait tali..

    Kemudian, pastikan tali dipasang dengan rapat. Hal ini supaya saat di derek, tali ini tidak terlepas di jalan.

            3. Pilih Mobil Derek yang Sesuai

    Pemilihan mobil untuk menderek ini sangat penting. Anda harus memperhatikan ukuran dan bobot mobil sebelum menentukan mobil penderek. 

    Idealnya mobil yang menderek punya ukuran atau bobot lebih besar ketimbang yang diderek. Sebab jika tidak, maka proses menderek susah dilakukan, bahkan tidak seimbang.

    Jika Anda tidak menemukan mobil untuk menderek, lebih aman dengan menggunakan jasa derek. Sehingga Anda tidak perlu bingung, karena mereka akan menyediakan mobil derek yang sesuai dengan ukuran mobil yang mogok.

            4. Menyalakan Lampu Hazard

    Anda harus menghidupkan lampu kendaraan atau hazard pada mobil yang menderek. Supaya pengguna jalan tahu jika ada kendaraan yang diderek dan butuh jalan.

            5. Sesuaikan Jalur