Berita

    Featured Image

    5 Hal ini Bikin Performa Mobil Baru Anda Cepat Menurun

    Anda perlu mengetahui tips merawat mobil baru untuk memastikan kondisinya tetap prima. Selain itu, penting juga memahami hal-hal yang dapat menurunkan performa mobil baru. Ini demi menghindari kualitas mobil cepat menurun sehingga rentan rusak dan tidak tahan lama. 

    Maka dari itu, ikuti artikel ini hingga akhir untuk mendapatkan wawasan yang relevan dalam menjaga kualitas mobil baru Anda!

    5 Hal yang Menurunkan Performa Mobil Baru 

    Terdapat berbagai hal yang perlu Anda hindari ketika menggunakan mobil baru. Sebab, hal tersebut dikhawatirkan akan menurunkan performa mobil. Beberapa di antaranya seperti:

    • Mesin Mobil Tidak Dipanaskan

    Ketika memiliki mobil baru, Anda wajib memanaskan mesin terlebih dahulu sebelum digunakan. Apabila tidak dipanaskan, maka dapur pacu mobil menjadi dingin sehingga rentan rusak karena bekerja terlalu keras. 

    • Akselerasi Terlalu Cepat

    Sensitivitas mesin pada mobil baru cukup tinggi. Ini mengharuskan Anda melakukan akselerasi dalam kecepatan yang pas. Hindari terlalu cepat akselerasi agar tidak menurunkan performa mobil baru. 

    • Jarak Tempuh Kurang dari 8 Kilometer

    Berikutnya, Anda perlu memastikan mobil baru telah menempuh lebih dari 8 km sebelum digunakan sebagai kendaraan sehari-hari. Bila kurang dari itu, maka kematangan mesin mobil baru belum optimal terutama di 1.000 km pertamanya.

    • Menggunakan Mobil sebagai Derek

    Bila tidak ingin mesin mobil baru rentan aus, jangan gunakan mobil sebagai derek. Terutama bila mobil bukan dirancang untuk kegiatan berat tersebut. Bila melakukannya, maka mesin akan bekerja terlalu keras dan cepat aus.

    • Mencapai Red-Line

    Red-line adalah batas maksimum putaran mesin. Mencapai red-line pada mobil baru sebaiknya tidak Anda lakukan jika tidak ingin performa mobil menurun. Sebaiknya, ganti gigi di 4.000 rpm untuk 1.000 km pertama.

    5 Tips Merawat Mobil Baru agar Tetap Prima

    perawatan mobil baru

    Setelah mengetahui apa saja hal-hal yang dapat menurunkan performa mobil baru, berikut tips-tips perawatannya agar selalu prima:

    • Servis Rutin ke Bengkel Resmi

    Kunci menjaga kondisi mobil baru adalah servis rutin. Periksa komponen penting seperti sistem pendingin, lampu, hingga sistem rem. Rutin melakukan servis membantu Anda mendeteksi kerusakan lebih dini. Jadi, Anda bisa meminimalkan risiko kecelakaan.

    • Teratur Mengganti Oli

    Tips merawat mobil baru selanjutnya adalah teratur mengganti oli. Fungsi oli sebagai pelumas mesin mengharuskan kualitasnya selalu prima. Itulah mengapa, patuhi jadwal ganti oli agar kinerja mesin mobil baru selalu maksimal.

    • Memelihara Kebersihan Eksterior dan Interior

    Bersihkan dan cuci debu serta kotoran pada eksterior serta interior mobil dengan rajin. Gunakan penyedot debu, spons, sabun, serta lap microfiber agar bersih berkilau. Setelah mencuci mobil, keringkan di angin sepoi-sepoi agar cat mobil tidak rusak.

    • Mengecek Tekanan Ban

    Cek tekanan ban jadi tips merawat mobil baru lainnya yang wajib Anda terapkan. Bila terlalu rendah atau tinggi, tekanan ban membuat kinerja mesin kurang optimal.

    Mobil pun jadi lebih boros bahan bakar. Jadi, cek tekanan ban secara berkala khususnya sebelum melakukan perjalanan jauh.

    • Pilih Bahan Bakar Berkualitas

    Kualitas bahan bakar adalah faktor penting dalam menjaga performa mobil. Oleh sebab itu, pastikan hanya memilih bahan bakar berdasarkan rekomendasi produsen mobil. Anda bisa konsultasi pada teknisi yang ahli di bidang ini.

    Jangan sampai memilih bahan bakar yang tidak sesuai. Hal tersebut dapat menurunkan performa mesin mobil. Dampaknya akan terasa secara jangka panjang. Jadi, utamakan kualitas bahan bakar bila ingin performa mobil selalu prima.