Berita

    Featured Image

    Kerap Dilupakan, Ini Pentingnya Buku Manual Pemilik Mobil

    Saat membeli mobil baru, konsumen akan dibekali sejumlah panduan salah satunya ialah buku manual yang berisi berbagai informasi dasar mobil. Namun buku manual kerap diabaikan oleh para pengguna mobil. Padahal buku manual berisi informasi pentingnya fitur dan kelengkapan, terlebih jika mobil mengadopsi teknologi perangkat komputer.

    Sebenarnya, apa saja fungsi dari Buku Manual Pemilik Mobil? Berikut adalah penjelasannya:

     

          1. Kapasitas Tangki dan Bahan Bakar

    Ketika membuka penutup tangki untuk mengisi bahan bakar mungkin mudah untuk ditemukan, tetapi ada beberapa orang yang membutuhkan waktu untuk mencarinya. Tahukah Anda berapa liter kapasitas tangki mobil dan jenis bahan bakar apa yang disarankan oleh pabrikan resmi? Nah, informasi ini tersedia di buku manual kendaraan pada bagian informasi teknik pada sub rekomendasi bahan bakar.

    Untuk mobil mesin bensin akan tertulis minimal Research Octane Number (RON) atau oktan, misalnya yang disarankan RON 92 berarti setara dengan Pertamax. Tapi, untuk kendaraan mesin diesel tertulis dengan satuan Cetane Number (CN). Setelah Sahabat memahami informasi ini pastinya kejadian pengisian bahan bakar sampai tumpah atau salah pengisian bahan bakar tidak akan terjadi lagi.

     

          2. Fungsi Lampu Indikator

    Ketika memutar kontak kunci otomatis maka akan ada beberapa lampu indikator yang hidup di dalam beberapa instrumen cluster. Hal ini sering kali diabaikan atau bisa jadi karena kamu tidak mengerti tentang apa arti dari indikator-indikator tersebut. Apabila Anda penasaran untuk mengartikan lampu indikator tersebut silahkan untuk membaca kembali buku manual.

    Jika ada manual book, Anda bisa tahu penyebab simbol indikator menyala. Apabila pada mobil yang sudah memiliki teknologi terkini,  indikator memberi informasi kalau terjadi kerusakan pada mobil. Jika lampunya menyala biasanya direkomendasikan untuk mengunjungi bengkel resmi untuk mengatasinya. Anda juga perlu tahu, ada beberapa indikator yang harus menyala untuk memberi informasi bahwa piranti tersebut aktif seperti indikator lampu jauh, lampu sein, lampu kota dan rem tangan.

     

          3. Jenis Volume dan Pelumas Mesin

    Pelumas mesin sangat penting. Sama halnya bahan bakar, pada buku manual kendaraan, Anda bisa membaca informasi tentang jenis dan volume pelumas yang dibutuhkan setiap melakukan perawatan rutin atau hanya menambahkan. Anda bisa mencarinya di segmen informasi teknis dengan sub rekomendasi pelumas mesin. Supaya Anda tidak bingung biasanya jenis pelumas menggunakan istilah viskositas atau tingkat kekentalan dengan contoh kode 10W-30, 15W-40 atau jenis lainnya. Pastikan volume pelumas sesuai dengan anjuran agar mesin tidak menjadi berat.