Berita

    Featured Image

    Penyebab Mobil Sering Menghentak Saat Berakselerasi!

    Apakah Anda merasakan mobil sering menghentak saat berakselerasi? Saat hal ini terjadi, tentu Anda menjadi kurang nyaman dalam berkendara. Lebih-lebih bila hal ini terjadi terus menerus. 

    Sebenarnya, apa yang menjadi penyebab mobil sering menghentak ketika berakselerasi? Umumnya, masalah hentakan mobil ketika berakselerasi ini terjadi pada mobil matic dibandingkan dengan mobil manual. 

    Penyebab Mobil Sering Menghentak Saat Berakselerasi

    Berikut berbagai penyebab masalah hentakan kasar pada mobil, antara lain:

            1. Kabel Accelerator Dipasang Tidak Pas

    Salah satu hal yang menjadi penyebab munculnya hentakan kasar mobil adalah kabel accelerator kickdown yang dipasang tidak pas. Umumnya, masalah ini terjadi pada mobil matic versi lama dengan throttle valve yang terintegrasi dengan akselerator pedal gas. 

    Bila pemasangan kabel yang tidak pas menjadi penyebabnya, Anda hanya perlu meminta teknisi untuk melakukan penyetelan ulang kabel. 

            2. Rasio Gigi Mundur

    Komponen lain yang sangat penting dalam sebuah transmisi matic adalah rasio gigi mundur. Hentakan mobil dapat terjadi jika rasio gigi mundur kurang sesuai. Agar dapat menjamin kinerja transmisi matic secara optimal, penting melakukan penyetelan ulang rasio gigi mundur, sehingga kerusakan dapat dihindari. 

            3. Gesekan Brake & Clutch

    Hentakan yang terjadai pada mobil juga dapat disebabkan oleh kerusakan yang terjadi di clutch dan brake. Hal ini biasanya dipengaruhi AT Solenoid. Dua komponen ini bekerja dengan cara menggesekkan satu sama lain sehingga dapat menghasilkan tenaga yang diteruskan pada roda. 

    Dengan usia penggunaan yang lama, dua komponen ini berisiko rusak dan aus. Kerusakan ini yang menjadi penyebab kinerja mesin menjadi terganggu serta membuat mobil menjadi menyentak. 

    Agar terhindar dari masalah ini, pastikan melakukan pengecekan brake dan clutch secara berkala. bila menemukan masalah, segera ganti komponen dengan yang baru. 

            4. Gangguan AT Solenoid serta Transmission Control Module

    Komponen lain yang penting dalam sistem transmisi mobil matic ialah AT Solenoid serta Transmission Control Module. AT Solenoid memiliki tanggung jawab mengaktifkan brake and clutch sehingga bisa bekerja dengan baik saat aliran oli tepat waktu dan presisi.