Berita

    Featured Image

    Wajib Tahu! Ini Bagian Mobil yang Sering Kurang Diperhatikan

    Merawat mobil bukan semata mengganti oli atau mencuci mobil hingga mengkilap. Semua bagian kendaraan mulai dari depan, belakang, atas, dan bawah harus mendapat perhatian yang sama besarnya. 

    Pasalnya, performa mobil akan terganggu jika ada komponen yang tidak diservis. Lantas, bagian apa saja yang kurang mendapat perhatian saat melakukan servis rutin? Berikut daftarnya.  

    Bagian yang Kerap Terabaikan dalam Merawat Mobil 

    Memeriksa semua bagian kendaraan secara rutin tidak hanya meningkatkan performa, tapi juga memberikan jaminan keamanan saat berkendara. Berikut beberapa bagian mobil yang kerap luput dari sering terlupakan saat servis rutin. 

    • Lampu Mobil 

    Komponen pertama yang kurang mendapat perhatian saat merawat kendaran adalah kondisi lampu. Sebagian pemilik kendaraan merasa lampu dalam kabin kurang begitu dibutuhkan sehingga kerap dibiarkan tidak diganti meskipun telah redup atau buram. 

    Bahkan, banyak yang tidak mengganti lampu utama meskipun sudah buram. Padahal, kondisi lampu yang demikian bisa membahayakan keselamatan, terutama saat mengemudi di malam hari. Untuk itu, lampu yang redup sebaiknya segera diganti. 

    Jika bagian lampu kaca mobilnya yang  terlihat keruh atau kekuningan, oleskan pasta gigi lalu bersihkan dengan kain lap yang lembut. Lakukan cara merawat mobil ini beberapa kali sampai lampu kaca mobil jernih kembali. 

    • Sistem Pendingin

    Overheat merupakan satu kondisi yang disebabkan oleh tidak berfungsinya sistem pendingin pada mobil. Ini bisa terjadi akibat radiator yang jarang mendapat perhatian. 

    Banyak pengemudi mengaku jarang mengecek volume air radiator, apakah isinya melebihi atau justru kurang dari batas yang ditentukan. 

    Padahal, pengisian air radiator jika melebihi batas tulisan “Full” akan membuat air tidak bisa tersedot dan masuk ke cooling system. Sebaliknya, apabila kurang maka akan membuat mesin mobil menjadi overheat

    Selain itu, air coolant juga harus dikuras dan diganti secara berkala sesuai petunjuk yang ada di buku manual, atau maksimal telah menempuh antara 60.000-90.000 km.  

    • Ban Mobil

    Bagian berikutnya yang kurang diperhatikan saat merawat mobil adalah kondisi ban, baik dalam hal kebersihan, tekanan angin, hingga tingkat ketebalannya. Umumnya, pengendara baru memeriksa kondisi ban jika kempes atau bocor. 

    Faktanya, kondisi ban akan mempengaruhi performa mobil karena tekanan ban yang tidak sesuai akan membuat munculnya berbagai masalah. Di antaranya adalah tidak efisiennya penggunaan bahan bakar dan mengurangi usia ban. 

    Selain itu, perhatikan juga keadaan ban, apakah terdapat retakan, aus, dan lain sebagainya. Apabila telah aus atau tipis, sebaiknya segera ganti dengan ban baru.

    • Filter Udara di Dalam Kabin

    Kualitas udara yang ada di dalam mobil tergantung dari bersih/tidaknya filter udara kabin. Jika tidak dibersihkan atau diganti, maka komponen yang berfungsi untuk menyaring debu dan berbagai macam kotoran akan berkurang kualitasnya. 

    Parahnya lagi, filter udara yang tersumbat oleh tumpukan kotoran tersebut akan menimbulkan aroma tak sedap. 

    Jika filter udara pada kabin tidak segera diganti, kondisi tersebut akan mengganggu kesehatan dan kenyaman, baik bagi pengemudi maupun penumpang. Untuk itu, ganti filter udara secara berkala atau minimal jika telah mencapai 50.000 km. 

    • Cairan Transmisi Otomatis

    Bagian mobil lainnya yang kerap terabaikan adalah mengganti ATF (Automatic Transmission Fluid) atau cairan transmisi otomatis. Seiring waktu, jumlah dan kualitas ATF pasti akan semakin berkurang. 

    Jika ini terjadi, maka akan timbul berbagai masalah, mulai dari adanya suara saat perpindahan persneling, tercium aroma terbakar, hingga keluar asap dari mobil. 

    Untuk cairan transmisi otomatis ini, sebaiknya lakukan peremajaan apabila mobil matic Anda telah menempuh jarak 40.000-50.000 km. 

    Pada dasarnya, memelihara kendaraan yang benar tidak sekadar mengganti oli, melainkan mencakup seluruh bagian. Jadi, pastikan tiap bagian telah diperhatikan dengan baik karena bisa mempengaruhi performa kendaraan jika ada yang terlewatkan .