Berita

    Featured Image

    Kenali Jenis Peredam Kap Mesin Mobil & Tips Memasangnya

    Komponen peredam kap mesin mobil memiliki fungsi penting selain menjadi peredam suara bising dari mesin mobil Anda. Namun, pada kenyataannya banyak mobil yang belum memiliki komponen peredam kap untuk mesin mobil ini.

    Pada ulasan kali ini, Anda wajib mengetahui manfaat, jenis dan tips memasang peredam kap mesin. Alasannya, karena komponen peredam kap mesin ini sangat penting, khususnya untuk mobil berusia lebih dari 5 tahun ke atas.

    Manfaat dan 3 Jenis Peredam Kap Mesin Mobil

    Peredam kap pada mesin mobil memiliki 2 manfaat, yaitu pertama untuk meredam suara bising yang dihasilkan dari mesin mobil Anda. Manfaat yang kedua adalah menetralkan suhu panas yang tercipta dari mesin mobil Anda, sekaligus melindungi permukaan dari paparan radiasi mesin.

    Kedua manfaat tersebut sangat vital bagi Anda sebagai pengendara mobil. Bayangkan jika tidak ada peredam kap mesin, mobil Anda dapat cepat panas dan mengganggu Anda dalam berkendara. Untuk jenis-jenis, peredam kap untuk mesin mobil juga ada 3 jenis, yaitu:

            1. Jenis Glass Wool

    Jenis peredam yang satu ini terbuat dari serat kain wol yang sangat berguna menahan suara bising yang dihasilkan dari mesin mobil Anda. Walaupun, kekurangan dari jenis ini adalah tidak dapat maksimal untuk menyerap panas yang dihasilkan mesin mobil Anda.

    Untuk dipakai secara umum, jenis glasswool kurang cocok di negara Eropa. Namun, di Indonesia jenis ini cukup umum dan Anda dapat menemukan peredam kap mobil jenis glasswool pada mobil diesel yang berisik. 

            2. Jenis Alumunium Foil

    Aluminium foil menjadi jenis peredam kap pada mesin mobil kedua. Jenis satu ini merupakan jenis yang dipakai umum di Eropa yang memiliki suhu dingin. Alasannya, karena jenis peredam menggunakan alumunium foil dapat menahan suhu panas.

    Peredam kap jenis alumunium foil banyak dipakai pada kendaraan diesel di Eropa yang membutuhkan komponen yang dapat menetralisir suhu mesin mobil. 

            3. Jenis Kombinasi

    Jenis peredam kap mesin mobil kombinasi artinya berasal dari bahan alumunium foil dan glasswool. Kombinasi keduanya merupakan jenis peredam kap pada mesin mobil paling ideal dan terbaik yang dapat Anda pasang.

    Caranya, Anda memasang lapisan pertama kap mesin dengan glasswool agar dapat meredam kebisingan mesin. Lapisan kedua, Anda memasang jenis alumunium foil agar dapat menetralkan suhu tinggi pada mesin.

    Tips Memasang Peredam Kap Untuk Mesin Mobil