Berita

    Featured Image

    Kenali Hal yang Menyebabkan Garansi Resmi Mobil Hangus.

    Pemberian garansi merupakan salah satu kelebihan membeli mobil baru yang cukup menguntungkan. Tapi garansi tersebut dapat hangus karena berbagai hal, salah satu penyebab garansi resmi mobil hangus adalah melakukan modifikasi di luar standar pabrikannya. 

    Supaya garansi mobil tetap berlaku sebaiknya jangan memodifikasinya terlebih dahulu. Jadi ketika sewaktu-waktu terjadi masalah pada mesin Anda dapat melakukan klaim atas garansi tersebut. 

    Namun, jangan lupa memperhatikan hak dan kewajiban Anda sebagai pemilik mobil, karena klaim bisa diajukan ketika memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Setiap vendor mobil memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda. 

    Macam-macam Penyebab Garansi Resmi Mobil Hangus

    Dalam menangani garansi, pihak vendor mobil akan bekerja sama dengan bengkel resmi untuk memantau kondisi mobil. Setiap vendor umumnya mewajibkan pemilik mobil melakukan servis rutin di bengkel resmi selama masa garansi berlaku. 

    Hal tersebut bertujuan untuk memastikan kondisi dan performa mobil tetap optimal dan meminimalisir terjadinya kerusakan yang berujung pada pengajuan klaim garansi. Supaya garansi resmi mobil tidak hangus sebaiknya pahami dulu beberapa penyebabnya berikut ini.

            1. Perawatan Mobil Tidak Dilakukan di Bengkel Resmi

    Penyebab garansi resmi mobil hangus yang pertama, yaitu melakukan perawatan mobil di bengkel non resmi. Setiap vendor mobil mewajibkan para pemilik untuk melakukan perawatan secara rutin di bengkel resmi.

    Ketika melakukan perawatan di bengkel resmi, tim mekanik profesional akan lebih dini mendeteksi kerusakan pada bagian mesin. Sehingga kerusakan yang dapat menimbulkan masalah besar dapat diminimalisir.  

    Namun, jika Anda melakukan perawatan di bengkel non resmi, garansi yang diberikan akan hangus. Mengapa bisa demikian? Karena proses perbaikan yang ditangani oleh pihak luar bukan tanggung jawab bengkel resmi dan vendor sebagai produsen. 

    Jadi, selama masa garansi masih berlaku sebaiknya jangan melakukan perawatan dan servis mesin di bengkel non resmi. Supaya Anda bisa melakukan pengajuan klaim ketika terjadi kerusakan mesin yang parah. 

            2. Menggunakan Suku Cadang di Luar Standar Pabrikan

    Selain melakukan perawatan di bengkel non resmi, hal lain yang dapat menyebabkan garansi resmi mobil hangus adalah penggunaan suku cadang di luar standar pabrikan. Penggunaan suku cadang di luar standar biasanya dilakukan untuk memodifikasi tampilan dan performa mobil.