Berita

    Featured Image

    Tombol Starter Mobil vs Remote Start: Mana yang Lebih Baik?

    Teknologi terkini yang banyak disematkan pada mobil keluaran terbaru adalah tombol starter yang menggunakan teknologi Start-Stop Engine dan Keyless mobil. Kedua teknologi tanpa anak kunci ini bisa ditemukan pada mobil premium maupun non-premium. 

    Tentunya, setiap teknologi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Lantas, manakah diantara kedua teknologi tersebut yang lebih baik? Berikut perbandingannya. 

    Kelebihan Mobil yang Memiliki Tombol Starter 

    Ada beberapa kelebihan yang bisa dirasakan dengan adanya fitur Start-Stop Engine, antara lain: 

    • Lebih Praktis

    Kehadiran fitur ini memungkinkan pengemudi lebih mudah dalam mengakses mobil. Sebab, Anda bisa menghidupkan mesin tanpa harus mencari dan memasukkan kunci ke silinder kunci kontak. 

    • Lebih Aman

    Teknologi Start-Stop Engine pada mobil yang terhubung dengan Keyless Entry atau Smart Key memberikan jaminan keamanan yang lebih. Pasalnya, mobil tersebut hanya bisa diakses oleh pemilik atau pemegang kunci sehingga lebih sulit untuk dibobol. 

    • Tampilan Modern 

    Rata-rata mobil keluaran Suzuki yang terbaru telah menggunakan teknologi ini. Dengan hadirnya teknologi tersebut membuat mobil yang Anda miliki terasa lebih canggih dan modern. 

    • Lebih Hemat BBM

    Mobil yang memiliki saklar starter cukup efektif dalam menekan penggunaan bahan bakar, meskipun tidak banyak yaitu sekitar 3%. 

    • Membantu saat Kondisi Macet

    Dengan adanya Teknologi Start-Stop Engine Anda tidak akan stres saat terjebak di jalanan yang macet. Sebab, hanya dengan menekan tombol pada dashboard dan menginjak pedal rem maka mobil sudah bisa menyala kembali. 

    Kelemahan Tombol Start-Stop Engine

    Meskipun memiliki banyak kelebihan, bukan berarti fitur Start-Stop Engine tidak memiliki kekurangan, diantaranya adalah: 

    • Butuh Pengecekan Rutin

    Fitur ini sangat berkaitan dengan kondisi sistem kelistrikan mobil sehingga baik tombol fitur maupun kondisi kelistrikannya membutuhkan perawatan dan pengecekan secara rutin. 

    • Memiliki Masa Aktif

    Rata-rata Smart Key memiliki masa aktif yang terbatas yaitu antara 3 sampai 5 tahun sehingga ada kemungkinan terjadi error saat penggantian anak kunci (rolling code atau hopping code). 

    • Bergantung Pada Smart Key

    Fitur ini masih sangat bergantung pada penggunaan kunci. Sebab, Anda harus membuka pintu mobil terlebih dahulu menggunakan kunci khusus (Smart Key) baru kemudian bisa menekan tombol starter.

    Kendala juga terjadi ketika daya baterai kunci mulai lemah. Biasanya, melemahnya daya baterai tersebut ditandai dengan lampu indikator yang terlihat redup dan respon yang lebih lambat.  

    • Risiko Gangguan Sinyal

    Smart Key bisa terganggu fungsinya ketika berada di area tertentu yang terdapat BTS (Base Transceiver Station) sehingga sulit untuk membuka pintu mobil atau menyalakan mesin. 

    • Kunci Tertinggal di Mobil

    Penggunaannya yang praktis dan simpel sering membuat pemilik mobil lupa sehingga meninggalkan Smart Key di dalam mobil. 

    • Biaya Perbaikan dan Penggantian Lebih Mahal

    Umumnya, biaya servis dan penggantian pada kunci mobil yang dilengkapi dengan  fitur Start-Stop Engine jauh lebih mahal dibandingkan dengan kunci manual jika terjadi kerusakan

    Kelebihan yang Ada Pada Fitur Remote Start

    Untuk fitur Remote Start sendiri sebenarnya memiliki kelebihan yang serupa dengan fitur Start-Stop Engine yaitu dalam hal praktis dan aman. 

    Selain itu, fitur ini juga memberikan kenyamanan yang ekstra karena dilengkapi dengan banyak fungsi, salah satunya adalah bisa menyalakan AC sebelum masuk ke dalam mobil. 

    Bahkan, pada mobil premium telah disematkan Smart Key yang memiliki fitur kunci otomatis ketika pengemudi atau pemegang kunci telah menjauh dari mobil.   

    Kekurangan Fitur Remote Start 

    Dalam hal kekurangan yang dimiliki oleh fitur Remote Start juga senada dengan fitur Start-Stop Engine karena kedua fitur tersebut berkaitan erat dengan sistem kelistrikan pada mobil. 

    Secara garis besar, baik tombol starter maupun fitur Remote Start memiliki kelebihan dan kekurangan yang serupa. Perbedaannya mungkin hanya pada rasa nyaman dan biaya servis yang harus dikeluarkan.