Berita

    Featured Image

    Yuk, Memahami Apa itu Ground Clearance Mobil

    Anda yang belum mengetahui istilah komponen good clearance, artikel ini sangat bermanfaat untuk Anda! Apa itu ground clearance dan mengapa fungsinya penting pada mobil akan dibahas lengkap dalam ulasan kali ini.

    Tujuan Anda lebih paham tentang ground clearance adalah agar mobil yang Anda miliki nyaman dan aman untuk dikendarai. Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

    Apa Itu Ground Clearance?

    Memahami ground clearance wajib hukumnya bagi pemilik mobil. Maka dari itu, Anda wajib mengetahui arti istilah tersebut terlebih dahulu. Ground clearance adalah jarak yang dianjurkan antara permukaan aspal/tanah dengan titik terendah mobil.

    Titik terendah mobil yaitu kolong mobil dan bukan pijakan kaki (footstep) mobil. Umumnya, setiap mobil yang diproduksi sudah memiliki masing-masing ukuran ground clearance yang aman dan sesuai aturan.

    Pentingnya ada ukuran ground clearance adalah mengurangi risiko kolong mobil membentur marka kejut/polisi tidur. Selain itu, jika jarak ground clearance terlalu pendek maka ketika banjir mobil akan terendam dan rusak.

    Kategori Ground Clearance Mobil Indonesia

    Jika Anda sudah mengetahui apa itu ground clearance. Maka selanjutnya Anda bisa mengetahui beberapa kategori ground clearance yang ada di pasar mobil Indonesia. Berikut ini kategorinya:

    • Ground Clearance Tinggi

    Kategori pertama adalah ground clearance tinggi yaitu tipe mobil yang jaraknya lebih dari 200 mili meter (mm) dari permukaan tanah. Biasanya, mobil dengan tipe ground clearance tinggi ini merupakan mobil tipe SUV.

    Salah satu contoh tipe mobil Suzuki dengan ground clearance tinggi adalah XL7. Mobil dengan ground clearance tinggi cukup tangguh untuk menghadapi berbagai medan banjir dan sebagainya. 

    • Ground Clearance Sedang

    Kedua, kategori ground clearance sedang yaitu jarak antara permukaan aspal dan kolong mobil adalah 190-200 millimeter (mm). Di Indonesia, pasar mobil dengan ground clearance ukuran sedang cukup banyak, bahkan umum sekali.

    Tipe mobil dengan ground clearance sedang biasanya mobil tipe MPV, seperti Suzuki Ertiga. Keunggulan mobil dengan kategori ground clearance sedang adalah masih aman untuk melewati genangan air setinggi 25-30 cm.

    • Ground Clearance Rendah

    Kategori terakhir adalah tipe mobil ground clearance rendah yang ukuran jarak dari kolong mobil sampai permukaan aspal adalah 170-180 mili meter (mm). Perlu Anda ketahui bahwa mobil dengan tipe ground clearance rendah lebih cocok digunakan untuk medan dalam kota saja.

    Selain itu, pengendara juga diwajibkan untuk memerhatikan gesekan ketika melewati jalan tidak rata. Contoh mobil dengan ground clearance rendah adalah Suzuki Ignis.

    Pentingnya Mengetahui Ground Clearance

    Mengapa mengetahui jarak ground clearance sangat penting bagi pengemudi mobil? Anda dapat mengetahui penjelasannya di bawah ini:

    • Mengemudi Lebih Nyaman

    Memahami jarak ground clearance dapat berdampak positif pada pengalaman mengemudi Anda. Memiliki mobil dengan ground clearance yang normal dan sesuai dengan aturan akan membuat Anda nyaman dan aman ketika berkendara.

    Bayangkan jika Anda memodifikasi mobil ceper alias ground clearance terlalu pendek. Maka kemungkinan kolong mobil rusak dan baret karena mengenai aspal akan semakin tinggi.

    • Menghindari Air Masuk Mesin Mobil

    Tidak dapat dipungkiri bahwa beberapa kondisi jalanan di Indonesia masih jadi langganan banjir atau tergenang ketika musim hujan. Maka, inilah pentingnya memiliki tipe mobil dengan ground clearance yang cukup tinggi.

    Menghindari air genangan banjir masuk mesin mobil hanya dapat dilakukan apabila Anda memiliki mobil dengan ground clearance yang sesuai ukuran. Maka, hindari memiliki ukuran ground clearance terlalu rendah, ya!

    • Mengetahui Preferensi Ketika Memilih Mobil Baru

    Ketika membeli mobil baru, Anda juga wajib memerhatikan ukuran ground clearance mobil yang akan dipilih. Pentingnya melakukan riset dan paham tentang ground clearance berguna bagi preferensi Anda ketika memilih mobil.

    Misal, apakah Anda memilih tipe mobil dengan ground clearance tinggi karena kebutuhan penggunaan pada medan jalan tidak rata. Atau, Anda yang tinggal di perkotaan memilih tipe mobil kecil dengan ground clearance rendah.