Berita

    Featured Image

    Memahami Washer Mobil! Fungsi & Cara Kerjanya

    Mobil memiliki salah satu sistem pembersihan yang bernama wiper washer. Seperti namanya, fungsi washer ini untuk melakukan pembersihan pada kaca mobil. Sehingga memudahkan Anda dalam berkendara supaya tetap terang dan jelas.

    Sebagai pemilik mobil, tentu saja Anda harus memahami fungsi dari komponen yang satu ini. Termasuk cara kerjanya. Supaya saat dibutuhkan, Anda bisa memanfaatkannya dengan baik dan benar.

    Pada artikel ini akan dibahas mengenai fungsi komponen termasuk cara kerjanya. Simak sampai akhir!

    Ini Dia Fungsi Washer dan Cara Kerjanya

    Washer pada mobil atau sistem cuci kaca adalah sistem penting dalam kendaraan yang digunakan untuk membersihkan kaca depan atau belakang mobil. Sistem ini membantu Anda menjaga visibilitas dari kotoran, debu, serangga, atau cairan lain. 

    Berikut ini adalah informasi lebih lanjut tentang fungsi dan cara kerja washer pada mobil:

    • Fungsi dari Washer Mobil

    Sedikitnya ada tiga fungsi pembersih wiper pada mobil yang harus Anda pahami. Antara lain:

    • Meningkatkan Visibilitas

    Sistem washer membantu menjaga kaca kendaraan tetap bersih dan jernih. Sehingga pengemudi dapat melihat dengan jelas dan berkendara dengan lebih aman. Terutama dalam kondisi cuaca buruk seperti hujan lebat atau ketika terkena kotoran dari jalan.

    • Menghilangkan Kotoran

    Fungsi berikutnya adalah membantu menghilangkan kotoran seperti lumpur, serangga mati, debu, dan bahan lainnya yang menempel pada kaca. Sebab apabila tidak segera dibersihkan, maka akan merekat dan kaca mobil juga akan bermasalah. 

    • Meningkatkan Keamanan Berkendara

    Fungsi washer terakhir adalah untuk meningkatkan keselamatan Anda selama berkendara. Tentu saja visibilitas sangat penting bagi pengemudi mobil. Apabila ada debu yang mengganggu, bisa jadi pengendara akan terkecoh. Sehingga membahayakan pengemudi.

    Pexels

    Cara Kerja Washer pada Mobil

    Sebelum mengetahui cara kerjanya, pahami dahulu komponen pada washer mobil. Antara lain:

    • Tangki Cairan Washer

    Ini adalah tempat untuk menyimpan cairan pembersih kaca, yang biasanya adalah campuran air dan pembersih khusus. Tangki juga sudah dilengkapi dengan tutup dan indikator level cairan.

    • Pompa Washer