Berita

    Featured Image

    Ketahui Penyebab Rem Tangan Mobil Kurang Pakem

    Rem menjadi salah satu standar keamanan pada kendaraan. Hal fatal seperti kecelakaan tentu menjadi hal yang dihindari semua pengendara. 

    Oleh sebab itu, perlu untuk mengetahui penyebab rem tangan mobil kurang pakem agar berkendara terasa lebih aman.

    Rem tangan atau yang biasa disebut dengan rem parkir dibedakan menjadi tiga jenis. Perbedaan ini berdasarkan pada cara pengaktifan dan cara kerjanya.

    Jenis-jenis Rem Tangan 

    • Rem stik, paling umum dipakai. Bentuknya seperti tuas dan hanya tinggal ditarik dan menekan ujung tombol untuk mengaktifkan rem ini.
    • Rem pedal, biasa ada pada mobil otomatis. Cara penggunaannya cukup dengan menginjak pedal rem.
    • Rem tombol, rem jenis ini tak banyak dipakai pada mobil. Aktivasinya hanya dengan tekan tombol saja sesuai dengan namanya.

    Tanda Bahwa Rem Tangan Mobil Kurang Pakem

    Untuk mengetahui apakah rem tangan mobil Anda pakem atau tidak, berikut adalah tanda-tanda jika mobil Anda memiliki masalah rem tangan yang kurang pakem.

    Ketika Anda hendak mengaktifkan rem tangan pada mobil, Anda juga bisa sambil mendeteksi secara mandiri apakah rem tangan Anda cukup pakem atau kampas rem sudah mulai habis.

    Bila tarikan dan lepasan terasa keras dan berat dan muncul suara klik yang lebih dari batas wajar. Maka rem tangan Anda bermasalah. Normalnya, suara klik hanya akan muncul maksimal 7 kali, bahkan ada yang 1 kali saja.

    Kenali Penyebab Rem Tangan Mobil Kurang Pakem

    Berikut adalah penyebab rem tangan pada mobil yang kurang pakem:

    • Setelan Brake Shoe yang Kurang Turun

    Hal ini dapat ditandai dengan posisi rem tangan yang transmisi tuasnya jadi lebih tinggi dibanding biasanya. Cara mengatasinya dengan melakukan penyetelan ulang pada tuas rem tangan, tepatnya pada adjuster komponen tromolnya. Disarankan dilakukan oleh mekanik yang memang ahli.

    • Brake Shoe yang Tipis

    Kondisi brake shoe yang menipis seiring pemakaian tentu membutuhkan perawatan, tak hanya itu jika sudah tipis maka ada baiknya untuk melakukan penggantian komponen ini dengan yang baru. 

    • Usia dan Keadaan Mobil

    Usia mobil yang tua dengan pemakaian yang cukup tinggi tentu mempengaruhi keadaan mobil Anda. Kondisi komponen-komponen dalam mobil Anda juga akan terus menurun jika tidak diimbangi dengan perawatan berkala. 

    • Menipisnya Kampas Rem