Berita

    Featured Image

    Kebiasaan Ini Dapat Mempercepat Pintu Mobil Rusak

    Salah satu komponen yang penting pada mobil adalah pintu. Komponen ini bisa membantu pengemudi maupun penumpang untuk memiliki perjalanan yang aman dan menyenangkan. Sayangnya, pintu mobil bisa rusak karena berbagai penyebab.

    Kerusakan ini pun bisa dipercepat dengan beragam kebiasaan buruk. Itulah mengapa kebiasaan-kebiasaan ini perlu dihindari. Simak artikel di bawah ini untuk mengetahui bermacam-macam kebiasaan tersebut.

    Kebiasaan Buruk yang Merusak Pintu Mobil

    Pada dasarnya, semua komponen mobil yang dirawat akan memiliki umur lebih panjang. Sebaliknya jika tidak dirawat, maka komponen-komponen tersebut akan cepat rusak. Begitu pula dengan kebiasaan buruk pada pintu. 

    Berikut beberapa kebiasaan buruk yang bisa membuat pintu pada mobil menjadi lebih cepat rusak:

    • Membuka Terlalu Lama

    Banyak orang yang terbiasa membuka pintu terlalu lama karena berbagai alasan. Hal ini membuat engsel menurun. Jika hal tersebut terjadi, maka pengait akan mengalami kerusakan.

    membuka pintu terlalu lama

    Unsplash.com

    Oleh sebab itu, jangan biarkan pintu terbuka terlalu lama. Bila perlu, langsung tutup pintu pada mobil setelah pengemudi atau penumpang masuk maupun keluar dari kendaraan.

    • Menutup Terlalu Keras

    Selain membuka dalam waktu yang lama, banyak orang juga mempunyai kebiasaan untuk menutup pintu terlalu keras. Hal ini ternyata bisa merusak pengait karena terbanting.

    Oleh sebab itu, Anda perlu menutup pintu dengan perlahan agar pengaitnya lebih awet. Namun jangan terlalu pelan sehingga pintu bisa menutup dengan sempurna. 

    • Membiarkan Komponen Pintu Kotor

    Memang umumnya para pemilik akan membersihkan mobilnya secara reguler. Sayangnya, terkadang para pemilik tersebut melewatkan bagian pintu sehingga kotoran menumpuk.

    Jika tidak segera dibersihkan, kotoran-kotoran tersebut bisa masuk ke dalam bagian door lock. Hal ini akan membuat mengurangi kinerja komponen tersebut sehingga pintu pun akan cepat rusak.

    • Motor Penggerak Berkarat

    Komponen lain yang cukup penting pada pintu mobil adalah motor penggerak. Sesuai namanya, komponen ini berfungsi untuk menggerakkan pintu sehingga bisa terbuka atau tertutup.

    Sayangnya, komponen tersebut dapat mengalami pengkaratan sehingga tak bisa berfungsi maksimal. Hal ini disebabkan adanya kotoran yang tak dibersihkan di bagian body pintu masuk ke komponen tersebut.

    • Tidak Dirawat dengan Baik

    Setiap komponen pada mobil perlu dirawat dengan baik. Terlebih lagi jika mobil tersebut sudah lama digunakan atau berumur tua. Dengan demikian, semua komponen mobil bisa berfungsi dengan baik.

    Salah satu komponen mobil yang perlu dirawat adalah pintu. Perawatan pada pintu bisa dilakukan di bengkel resmi. Jika tidak, maka berbagai masalah pintu akan muncul, seperti pengkaratan pada beberapa komponen.

    • Pintu Terbentur

    Pintu yang mengalami benturan keras bisa menjadi rusak sehingga tak bisa digunakan dengan baik. Terlebih lagi jika benturan tersebut terjadi berkali-kali, seperti tertabrak atau pintu terbentur dengan tembok.

    Maka dari itu, Anda harus memastikan bahwa pintu dalam keadaan aman. Hindari benturan-benturan yang tak perlu. Jika hal tersebut tak terhindarkan, maka Anda perlu memastikan bahwa kondisi pintu baik-baik saja.

    • Tidak Menutup Pintu saat Mencuci Mobil

    Pintu perlu ditutup saat mobil sedang dicuci. Jika tidak, air cucian akan masuk ke komponen-komponennya, seperti door lock. Hal ini bisa membuat berbagai komponen tersebut mengalami pengkaratan hingga rusak.

    Tujuh kebiasaan buruk ini bisa dihindari agar pintu mobil Anda tetap terawat. Begitu pula saat Anda memiliki mobil baru. Klik suzukimegahputra.com bila Anda membutuhkan referensi untuk membeli mobil baru!