Berita

    Featured Image

    Intip Perbedaan Sistem Penggerak FWD dan RWD Pada Mobil!

    Memiliki pekerjaan dengan mobilitas yang tinggi memang baiknya jika Anda memiliki mobil sendiri yang menunjang kegiatan sehari-hari. Sebelum itu akan lebih baik jika Anda juga mengenal sistem penggerak yang digunakan pada mobil yang akan Anda beli.

    Di mana sistem penggerak untuk mobil terbagi atas dua jenis yaitu FWD dan RWD. Di mana FWD adalah singkatan dari front wheel drive dan RWD merupakan singkatan dari rear wheel drive.

    Kedua sistem penggerak ini terpasang pada mobil dengan kebutuhan yang berbeda. Untuk mengetahui lebih dalam apa itu FWD dan RWD serta bagaimana perbedaannya, silahkan simak ulasan berikut.

    Perbedaaan Sistem Penggerak Mobil FWD dan RWD

    Anda perlu tahu jika setiap mobil memiliki sistem penggerak yang berbeda, di mana pemilihannya disesuaikan dengan kebutuhan dari pengguna. Adapun mobil yang dikhususkan untuk kegiatan sehari-hari di kota atau mobil untuk melalui medan terjal.

    Apabila Anda membeli mobil untuk aktivitas di jalanan yang terjal dengan sistem penggerak yang tidak sesuai dengan kebutuhan Anda tersebut, tentu performa mobil tidak akan bagus. Maka dari itu Anda perlu memahami sistem penggerak pada mobil sebelum membelinya.

    Berikut adalah pengertian FWD dan RWD serta perbedaannya yang perlu Anda tahu sebelum melakukan pembelian mobil.

    • Front Wheel Drive (FWD)

    Front wheel drive atau FWD adalah sistem penggerak pada mobil yang tenaga dari mesin mobil akan disalurkan pada roda depan mobil. FWD sudah digunakan sejak tahun 1930.

    Mobil dengan sistem penggerak ini tidak membutuhkan banyak komponen karena komponen penggeraknya hanya di bagian roda depan saja. Tidak heran jika mobil dengan sistem penggerak FWD memiliki harga yang lebih murah.

    Mobil yang menggunakan sistem penggerak fwd adalah jenis mobil seperti MPV dan SUV. Jenis mobil yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari di kota.

    Adapun keunggulan dari sistem penggerak FWD yaitu:

    • Penyaluran tenaga dari mesin ke roda lebih efisien.
    • Membuat desain mobil menjadi lebih ringkas dan kompak.
    • Bobot mobil menjadi lebih ringan karena tidak banyak komponen pada sistem penggerak.

    Sementara kekurangan dari sistem penggerak FWD adalah:

    • Distribusi beban pada mobil tidak ideal.
    • Komponen yang tersuspensi lebih berat cepat mengalami kerusakan.
    • Handling mobil cenderung understeer.