Berita

    Featured Image

    Cari Tahu Teknik Putar Balik Mobil Agar Aman

    Sebenarnya, cara putar balik mobil saat sedang berkendara tidaklah susah. Tetapi bagi pengemudi pemula, hal ini mungkin bisa terasa sulit. Karena itu, dibutuhkan teknik putar balik yang aman agar bisa terhindar dari resiko kecelakaan.

    Ketahui pula tips penting dalam melakukan putar balik secara aman agar mobil dan putaran kemudi tetap stabil terkendali. Agar lebih paham, simak penjelasan lengkapnya melalui artikel ini.

    Berikut Teknik Putar Balik Mobil yang Aman untuk Diterapkan

    Memutar balik mobil membutuhkan keterampilan khusus dan tingkat perhatian yang tinggi. Untuk itu, ada 2 jenis teknik yang bisa Anda terapkan, yaitu Three Point Turn dan U-turn. Berikut penjelasannya secara lebih detail:

    • Three Point Turn

    Teknik ini biasanya digunakan di jalanan yang sempit atau di area dimana pengemudi tidak bisa melakukan putar balik mobil secara langsung. Teknik ini membutuhkan gerakan maju mundur hingga beberapa kali, bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

    1. Pastikan jalan aman dan cukup lebar, lalu posisikan mobil tepat di tengah.
    2. Masukkan gigi pertama dan perlahan-lahan bergerak maju, pastikan sisi kanan dan kiri bebas dari kendaraan atau pengguna jalan lainnya.
    3. Putar kemudi ke arah berlawanan. Misal, jika mobil berada di sebelah kiri maka putar kemudi ke arah kanan.
    4. Injak pedal gas sambil memutar kemudi ke kanan, pastikan mobil bergerak mundur secara perlahan-lahan.
    5. Atur transmisi ke gigi mundur, lalu injak pedal gas sambil membelokkan kemudi ke kiri. Tetap pastikan mobil bergerak mundur dengan perlahan.
    6. Atur kembali transmisi ke gigi pertama, injak pedal gas, dan belokkan kemudi ke kanan. Jika perlu, gunakan teknik hand to hand saat memutar kemudi. Pastikan mobil bergerak maju secara perlahan namun terkendali.
    • Teknik U-turn

    Teknik putar balik mobil selanjutnya adalah metode U-turn yang pada dasarnya lebih mudah dibandingkan metode pertama. Sebab dengan cara ini, pengemudi bisa melakukan putar balik langsung ke jalur berlawanan. Berikut langkah-langkahnya:

    1. Pastikan jalan aman dan cukup lebar, lalu posisikan mobil tepat di dekat pembatas jalan.
    2. Atur transmisi ke gigi pertama dan jangan langsung menginjak gas. Hentikan pergerakan mesin dengan menginjak rem dan pedal kopling, lalu jalankan kendaraan ketika jalan sudah aman untuk dilintasi.
    3. Lepaskan rem secara perlahan-lahan dan belokkan kemudi. Pastikan tidak ada kendaraan lain seperti sepeda motor yang ada di sebelah mobil.

    Tips Memutar Balik Mobil dengan Aman