Berita

    Featured Image

    Penyebab Munculnya Bau Bensin di dalam Kabin Mobil

    Apakah Anda pernah mengalami munculnya bau bensin di dalam kabin mobil? Kalau iya, berarti Anda harus cari tahu alasannya apa dan bagaimana cara menghilangkannya.

    Apalagi ketika bau tersebut sudah sangat mengganggu kenyamanan dan juga merembet memunculkan permasalahan lain pada mobil Anda. 

    Berbagai Penyebab Munculnya Bau Bensin di Dalam Kabin Mobil

    Menimbulkan perasaan yang sangat tidak nyaman, bau bensin yang masuk bisa menimbulkan mual bahkan muntah bagi siapapun yang ada di dalam mobil.

    Bukan hanya itu, kejadian tersebut bisa jadi mengindikasikan kemungkinan rembetan masalah ke komponen mobil lainnya jika dibiarkan.

    Oleh karena itu, sangat penting untuk diketahui apa yang menjadi penyebab hal tersebut dapat terjadi.

    • Tangki Bensin yang Kurang Tertutup Rapat

    Ketika melakukan pengisian bahan bakar, tangki bensin akan dibuka kemudian ditutup kembali.

    Pada saat penutupan ini, seringkali petugas pengisian bahan bakar atau mungkin Anda sendiri ternyata kurang rapat dalam menutup tangki tersebut.

    Selain karena ketidaksengajaan seperti itu, bisa jadi juga tutup tangki tersebut memang sudah rusak sehingga tangka tidak tertutup dengan rapat.

    Meski terlihat sebagai masalah yang simpel, namun jika ini dibiarkan dalam waktu yang lama ini bisa membuat bahan bakar menjadi boros dan kotoran pun menumpuk di bensin mobil Anda.

    • Tutup Oli yang Rusak

    Jarang disadari, ternyata tutup oli yang rusak juga bisa menyebabkan bau bensin masuk ke dalam mobil Anda.

    Hal ini bisa terjadi karena saat tutup oli rusak, asap yang keluar dari knalpot nantinya akan mengeluarkan bau bensin dan oleh itulah penggunaan bensin akan menjadi lebih boros dari biasanya. 

    • Karburator Mengalami Kerusakan

    Ketika karburator mengalami kerusakan entah karena ada bagian bautnya yang bermasalah atau memang karena komponen tersebut aus, maka bau bensin yang menyengat bisa masuk ke dalam mobil adalah hal yang umum untuk terjadi.

    Kondisi seperti ini pada akhirnya akan mengganggu performa mobil di mana kendaraan tersebut menjadi lebih lemah dibandingkan sebelumnya.

    • Busi Longgar atau Rusak

    Sebagai sebuah komponen pada mobil yang berfungsi sebagai pengantar tenaga dari ruang bakar, ketika busi melonggar atau bahkan mengalami kerusakan, maka benda ini akan mengeluarkan asap pada ruang bakar dan kemudian menimbulkan bau bensin di dalam kabin mobil.

    Solusi untuk Mengatasi Munculnya Bau Bensin di dalam Kabin Mobil

    Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi munculnya bau bensin di dalam mobil Anda.

    Untuk mengetahuinya, mari simak seluruh isinya melalui pembahasan berikut ini:

    • Memperbaiki atau Mengganti Komponen yang Rusak

    Ketika ada bau bensin masuk ke dalam mobil Anda, pastikan untuk segera mengecek komponen-komponen pada kendaraan tersebut.

    Ada kemungkinan jika komponen-komponen tersebut mengalami kerusakan, terutama yang berkaitan langsung dengan penampungan maupun penggunaan bahan bakar tersebut, seperti tangki bensin, busi, karburator, dan lain-lain.

    Apabila benar komponen-komponen tersebut mengalami kerusakan, Anda bisa memperbaikinya atau bahkan menggantinya dengan yang baru.

    • Membersihkan Area yang Terkena Tumpahan Bensin

    Ketika tangki bensin kurang tertutup rapat, seringkali ada bensin yang tertumpah dari dalamnya lalu mengenai bagian pada mobil sehingga membuat bau bahan bakar tersebut akhirnya masuk ke dalam kendaraan tersebut.

    Untuk mengatasinya, Anda cukup bersihkan saja area yang terkena tumpahan bensin menggunakan sabun lalu dibilas bersih dengan air. Lakukanlah ini sampai bau benar-benar hilang sepenuhnya.