Berita

    Featured Image

    Ketahui Perawatan Body Mobil Agar Tetap Kinclong

    Penampilan mobil adalah hal penting yang perlu diperhatikan oleh setiap pemilik mobil, terutama tampilan body eksteriornya. Dengan merawat body mobil secara teratur, kondisi cat permukaannya akan tetap kinclong dan mengkilap serta tidak mudah kusam.

    Selain itu, perawatan pada bodi mobil juga dapat membantu mencegah timbulnya noda, kerak, hingga karat. Apalagi, karat diketahui dapat membuat bodi mobil menjadi rapuh dan cepat rusak.

    Tips Merawat Body Mobil agar Tetap Kinclong

    Perawatan yang tepat dapat membantu menjaga kondisi dan tampilan bodi mobil Anda tetap menarik dan terlihat seperti baru. Berikut ini adalah beberapa tips perawatan yang bisa Anda terapkan:

    • Parkir Mobil di Area Teduh pada Siang Hari

    Sinar matahari berlebihan dapat merusak cat mobil, membuatnya cepat kusam atau bahkan mengelupas. Karena itu, sangat disarankan untuk memarkir mobil di area teduh pada siang hari, atau menggunakan sarung (cover) mobil sebagai pelindung.

    • Parkir di Area Tertutup pada Siang Hari

    Di malam hari, pastikan untuk memarkir mobil di area tertutup atau menggunakan pembungkus mobil. Hal ini dikarenakan area terbuka seperti lapangan atau tepi jalan, dapat membuat air embun menempel dan membuat catnya jadi cepat pudar.

    • Bersihkan dengan Sabun Khusus Mencuci Mobil

    Tips merawat body mobil selanjutnya adalah menggunakan sabun yang dirancang khusus untuk mencuci mobil, yang memiliki pH netral. Sebaiknya, hindari mencuci mobil menggunakan sabun cuci piring atau cuci pakaian.

    • Lap Mobil Menggunakan Kain yang Lembut

    Penggunaan kain yang lembut saat membersihkan mobil sangat penting agar tidak membuat goresan atau menggores permukaan mobil. Beberapa jenis kain yang direkomendasikan untuk membersihkan mobil antara lain yaitu:

    • Kanebo atau chamois, sebab dapat menyerap air dengan baik.
    • Kain microfiber, sebab sangat halus dan tidak akan merusak cat.
    • Lap wash mitt, berbentuk saung tangan sehingga nyaman digunakan.

    Selain itu, sebaiknya hindari menggunakan sembarang kain untuk membersihkan mobil, misalnya handuk atau baju bekas. Sebab kain yang tidak sesuai bisa meninggalkan goresan atau merusak permukaan mobil.

    • Bersihkan Juga Bagian Bawah Mobil

    Bagian bawah mobil sering terlewatkan saat membersihkan mobil, padahal bagian ini juga sangat penting untuk diperhatikan. Bagian bawah mobil dapat menjadi tempat berkumpulnya kotoran dan lumpur yang dapat menimbulkan karat.

    • Segera Bilas Mobil Setelah Terkena Hujan