Berita

    Featured Image

    Ketahui Cara Mengendarai Mobil Matic yang Aman bagi Pemula

    Mobil matic sampai saat ini masih menjadi pilihan banyak orang, karena dianggap mudah untuk dikuasai. Namun saat mencoba menggunakannya, Anda memerlukan teknik mengendarai mobil matic bagi pemula agar tetap bisa aman melaju dan tidak membahayakan orang lain. 

    Cara Mengendarai Mobil Matic bagi Pemula

    Bagi Anda yang masih pemula dalam mengendarai mobil matic, pastikan untuk berhati-hati. Berikut ini beberapa cara yang perlu Anda lakukan agar bisa mengendarai mobil matic dengan aman:

            1. Pahami Istilah dalam Mobil Matic

    Pertama-tama pahami dulu berbagai jenis istilah yang digunakan dalam mobil matic. Mulai dari P atau parkir, R atau rear untuk mundur, N atau neutral untuk memposisikan mobil tanpa gigi. 

    Ada juga kode D atau drive untuk melaju dengan kecepatan sedang, D3 untuk melaju di tanjakan, D2 untuk menambah kecepatan, dan D1 untuk kecepatan maksimal. Lalu, ada pula kode L yang dipakai saat mobil melaju di tanjakan curam. 

            2. Perhatikan Posisi Tuas

    Sebelum mulai mengemudi, coba perhatikan dulu posisi tuas mobil. Pastikan tuas berada di posisi yang benar agar Anda bisa berkendara dengan aman. Tuas ini harus selalu berada di posisi P atau N. 

    Pastikan tuas tidak berada di posisi R atau posisi lain saat dihidupkan. Jadi sebaiknya jangan langsung menghidupkan mobil, tapi amati dulu posisi tuas mobil Anda. 

            3. Jangan Langsung Menginjak Gas

    Pengguna mobil matic sangat disarankan untuk tidak langsung menginjak pedal gas. Begitu masuk ke mobil dan memasukkan kunci, jangan langsung menyalakan mesin. Tunggulah dulu sampai jarum berputar dan indikatornya sudah aktif. 

    Beberapa tipe mobil matic diberi fitur dimana akan muncul suara yang menunjukkan bahwa kelistrikan mobil sudah hidup dan siap dijalankan. Tidak butuh waktu lama jadi bersabar saja dan jangan langsung menghidupkan mesin. 

            4. Injak Rem dan Gas Bersamaan

    Pada beberapa jenis mobil matic, mesin tidak bisa dihidupkan apabila pengguna tidak menginjak rem. Jadi saat Anda menyalakan mesin mobil, maka injaklah pedal remnya. 

    Hanya saja cara ini tidak berlaku untuk semua jenis mobil matic. Salah satu kunci mengendarai mobil matic bagi pemula adalah kenali dulu tipe mobilnya. Cari tahu apakah mesin mobil bisa menyala tanpa harus injak pedal rem atau tidak.