Berita

    Featured Image

    Kenali Blind Spot dan Cara Menguranginya

    Pernah mendengar istilah titik buta atau blind spot? Apa yang Anda ketahui tentang istilah tersebut? Semua jenis kendaraan baik yang memiliki roda dua maupun lebih pasti memiliki area pandangan yang tidak kasat mata oleh si pengemudi dan itulah yang disebut titik buta. Titik buta ini merupakan sebuah istilah akrab yang seringkali dilupakan oleh para pengemudi. Ingin tahu lebih lanjut tentang titik buta dalam berkendara? Yuk simak pembahasan detailnya berikut ini.

    Pengertian Blindspot

    Blindspot adalah area di sekitar mobil yang tidak terlihat dari posisi pengemudi. Ini biasanya terjadi pada area di samping dan belakang mobil, dan dapat membahayakan saat berkendara karena membuat pengemudi kurang memahami situasi di sekitarnya.

    Penyebab Terjadinya Blindspot

    Kondisi blindspot bisa terjadi karena dua faktor, yaitu: 

            1. Konstruksi Kendaraan

    Ukuran kendaraan menjadi faktor utama terjadinya blind spot. Semakin besar ukuran dari kendaraan yang digunakan, maka semakin besar pula blindspot-nya. 

    Selain itu, muatan yang dibawa dan jangkauan spion yang terbatas juga mempengaruhi ukuran blindspot. 

            2. Keadaan Lingkungan Sekitar

    Keberadaan kendaraan juga bisa menyebabkan blindspot. Misalnya, saat berada di area padat bangunan, di persimpangan, tikungan, area berdebu, area berbukit, dan sebagainya. 

    Cara Menghindari Area Blindspot

    Menurut keterangan beberapa ahli, walau tidak bisa dihilangkan sepenuhnya, namun blindspot masih bisa diminimalisir. Berikut  lima cara untuk menghindari blindspot yang bisa Anda terapkan saat berkendara. 

            1. Gunakan Spion Bawaan Pabrik 

    Hal pertama yang harus diingat adalah, jangan suka mengganti-ganti kaca spion karena yang bawaan pabrik pasti sudah teruji daan didesain dengan sebaik mungkin. 

    Keberadaan kaca spion di kendaraan sangat penting bagi pengemudi untuk membantu menghindari adanya kecelakaan. 

            2. Sejajarkan Kaca Spion

    Selain menggunakan bawaan pabrik, pengaturan posisi kaca spion juga penting. Aturlah kaca spion sedemikian rupa agar posisinya sejajar dengan badan kendaraan Anda. 

            3. Gunakan Lampu Sein