Berita

    Featured Image

    Ini Manfaat Melumasi Engsel Pintu Mobil

    Seperti yang Anda ketahui, engsel pintu mobil memang tidak berhubungan langsung dengan mesin atau laju kendaraan. Bagaimanapun juga, komponen tersebut harus dirawat dengan melumasinya.

    Ada berbagai manfaat terkait pentingnya hal tersebut dilakukan. Simak ulasan selengkapnya dalam uraian berikut ini.

    Manfaat Melumasi Engsel Pintu Mobil

    Pelumasan engsel pintu sering dianggap sepele sehingga banyak orang yang melewatkannya. Padahal hal tersebut memiliki berbagai manfaat. Berikut beberapa di antaranya.

    1. Meminimalisir Kerusakan Penguncian

    Penguncian merupakan sistem yang penting bagi mobil karena berkaitan dengan keamanan. Terlebih lagi jika Anda sedang berkendara bersama anak-anak atau orang terkasih lainnya.

    Namun sistem ini bisa mengalami kerusakan akibat engsel pintu yang tidak dilumasi. Hal ini disebabkan engsel tersebut akan lebih cepat aus hingga timbul gesekan yang berlebihan dan menyebabkan kerusakan penguncian.

    Pexels

    Oleh sebab itu engsel pintu perlu diberi pelumas secara rutin sehingga keamanan pengemudi maupun penumpang lebih terjaga.

    2. Membuat Gerakan Pintu Tetap Halus

    Pelumasan adalah salah satu cara untuk menjaga gerakan pintu agar tetap halus. Dengan demikian, pintu tetap bisa digunakan tanpa khawatir mengalami macet.

    Hal ini juga terjadi pada pintu mobil sehingga baik para pengemudi maupun penumpang tak mengalami kesulitan saat membuka atau menutupnya. Selain itu, gerakan ini juga memastikan agar sistem penguncian bekerja efektif.

    3. Mencegah Kotoran

    Berbagai kotoran sangat mudah menempel pada beragam bagian mobil. Terlebih lagi jika mobil sering digunakan di daerah penuh polusi. Kotoran ini tak hanya mempengaruhi penampilan, namun juga kinerja mobil.

    Engsel pintu mobil pun menjadi salah satu bagian yang perlu dijaga kebersihannya. Caranya dengan melakukan pelumasan rutin. Jika tidak, maka pintu akan mudah mengalami macet dan kerusakan dalam sistem penguncian.

    4. Mencegah Bunyi

    Engsel pintu yang tak dilumasi dengan baik akan berbunyi berdecit. Secara langsung memang bunyi ini tidak membawa dampak signifikan terhadap proses mengemudi. Namun tentu hal tersebut mengganggu kenyamanan.

    Selain itu, bunyi berdecit merupakan tanda bahwa ada dua bagian mobil yang bergesekan. Maka dari itu jika dibiarkan, maka baik bunyi maupun kerusakan akibat gesekan tersebut akan menjadi semakin parah.

    5. Memperpanjang Umur Pintu

    Setiap bagian pada mobil pasti memiliki umurnya sendiri-sendiri. Oleh sebab itu, bagian-bagian tersebut bisa saja diganti jika diperlukan agar mobil bisa berfungsi dengan baik. Begitu pula dengan engsel pintu.

    Namun, Anda bisa memperpanjang umur engsel tersebut dengan pelumasan. Hal ini disebabkan oleh terjaganya komponen tersebut dari gesekan. Dengan demikian, Anda bisa menghemat biaya penggantian engsel.

    Tips Pelumasan pada Engsel Pintu Kendaraan

    Ada dua bagian engsel pada mobil. Pertama yakni dua engsel utama pemegang  pintu yang umumnya berada di atas dan bawah. Kedua ialah stopper yang ada di tengah dan berfungsi untuk mencegah pintu terbuka terlalu lebar serta gerakan lebih kesat.

    Bersihkan kedua bagian engsel tersebut dari kotoran maupun sisa-sisa pelumas lama. Gunakan cairan penetran dan sikat gigi bekas untuk melakukan ini. Setelah itu, semprotkan pelumas baru ke kedua engsel tersebut secara merata.

    Pelumasan pada engsel pintu mobil perlu dilakukan secara rutin agar memperoleh manfaatnya. Namun jika mobil telah mengalami kerusakan yang cukup parah termasuk pada engselnya, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli baru.